January 22, 2013

M. Wisnu Adji: Imajinasi, Eksistensi, dan Akuntansi


Oleh: Patimah
Siapakah yang paling tahu semua hal terkait keuangan di Telkom Group? Jika belum tahu, sosok ini mungkin salah satunya. Ya, adalah M. Wisnu Adji, SE, M.Si., Akuntan yang kini menjabat sebagai Vice President (VP) Financial & Logistic Policy Telkom Group. Dialah yang membawa Telkom Group selangkah lebih maju dibanding perusahaan-perusahaan plat merah lainnya dalam hal pengadopsian International Financial Reporting Standars (IFRS).
Meski Kementerian BUMN menetapkan pemberlakuan IFRS tahun 2012, Telkom Group telah mengimplementasikannya sejak 2011. Rupanya, hal ini tak lepas dari sifat Wisnu yang sangat memperhatikan ketatnya persaingan, sehingga harus selalu jadi yang terdepan. Ia pun menekankan dua hal, yakni kemandirian dan kemampuan menghadapi persaingan. 
“Sekarang persaingan lebih ketat, jadi saya selalu menekankan pentingnya kemandirian. Kedua, ciptakan diri kita agar tetap dibutuhkan orang lain, sehingga dapat terus eksis,” ungkapnya.
Pernyataan pria kelahiran Cimahi, 28 Maret 1964 ini tak
berlebihan. Kemampuannya membawa perubahan di Telkom Group dilandasi kemampuan yang kuat di bidang keuangan. Alumnus  Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) ini pun sudah banyak bertemu dan bergaul dengan para auditor. Tak heran, ia pun sudah makan asam garam di bidang akuntansi dan keuangan.
Sebagai orang yang paling tahu tentang IFRS, Wisnu pun mengaku awalnya kesulitan untuk mengimplementasikan ini pada perusahaan besar sekelas Telkom Group. Pasalnya, menurut pria yang mulai bekerja di Telkom tahun 1988 ini, butuh pemahaman persepsi yang sama untuk membuat laporan keuangan berdasarkan IFRS. Dibandingkan standar akuntansi sebelumnya, IFRS yang berbasis prinsip membutuhkan pengetahuan lebih di kalangan para akuntan publik maupun pembuat kebijakan karena bersifat judgemental. Jika tidak, maka bisa saja terjadi perbedaan persepsi. Maka, Wisnu pun selalu mengikuti forum-forum tentang akuntansi dan IFRS khususnya baik di dalam maupun luar negeri. 
“Itulah mengapa saya selalu ingin terlibat dalam pembahasan-pembahasan tentang IFRS khususnya di Indonesia baik dengan regulator atau penyusun laporan. Supaya tidak ada perbedaan persepsi antara auditor dan auditee. Untuk itu, kami sering berkumpul untuk menyamakan pemahaman,” tutur anggota implementasi IFRS Kementerian BUMN dan implementasi IFRS Nasional dari Kementerian Keuangan ini.
Di sela-sela kesibukannya, pria berdarah Jawa ini selalu meluangkan waktu untuk keluarga dan beberapa hewan peliharaannya. Ia pun mengaku, lebih baik berkumpul bersama keluarga atau membaca dari pada menghabiskan waktu senggangnya dengan bermain golf. Mengingat waktunya untuk keluarga hanya dapat dilakukan akhir pekan.
“Sabtu atau Minggu waktu buat keluarga, kalau tidak jalan kaki saya biasanya membaca novel yang bersifat petualangan misalnya novel 5cm yang menceritakan persahabatan. Buku ini penuh nilai-nilai yang mendukung dalam pergaulan. Saya juga senang memelihara beberapa binatang, seperti burung, ikan dan anjing. Kalau untuk olahraga saya tidak spesifik misalnya golf. Dari pada main golf seharian, mending waktunya untuk keluarga,” ujar ayah dua anak ini.
Meski berkutat dalam bidang Akuntansi dan keuangan, rutinitas Wisnu untuk selalu belajar dan membaca membuat daya imajinasinya cukup bagus. Ia pun sudah membukukan pengalamannya membawa Telkom Group untuk mengimplementasikan IFRS dalam sebuah buku yang dapat dibaca semua kalangan bersama rekannya, Dian R. Basuki. 
Untuk generasi muda saat ini, Wisnu berpesan agar tidak terjebak dalam hal-hal instan karena menurutnya semua hal membutuhkan jerih payah. “Saya merasa hidup di zaman sekarang lebih sulit dari pada waktu saya muda dulu, gangguannya lebih banyak. Dulu, cari sekolah masih gampang dan karir masih terbentang luas. Tapi sekarang, cari sekolah sulit biayanya pun mahal. Setelah itu, mau bekerja pun susah. Tapi, semua itu jangan dijadikan hambatan, anggap saja itu tantangan,” tandas mantan VP Internal Audit PT Telkom ini.
*pernah dimuat di Majalah Cyber 

No comments:

Post a Comment